cover
Contact Name
Fajar Dewantoro
Contact Email
fajar.dewantoro@teknokrat.ac.id
Phone
+6285658379524
Journal Mail Official
abdimas@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.9 -11, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35132
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Journal Social Science And Technology For Community Service
ISSN : -     EISSN : 27232026     DOI : https://doi.org/10.33365/jsstcs
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, People, Local Food Security; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; Community Empowerment, Social Access; Student Community Services; Border Region, Less Developed Region; Education for Sustainable Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021" : 20 Documents clear
INTERNET OF THINGS UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN TEKNOLOGI BAGI SISWA Selamet Samsugi; Damayanti Damayanti; Andi Nurkholis; Berlintina Permatasari; Ady Candra Nugroho; Aldi Bagus Prasetyo
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1380

Abstract

Teknologi telah memiliki peran dalan segala bidang, termasuk dalam bidang Pendidikan. Internet of things atau sering disebut dengan IoT saat ini mengalami banyak perkembangan. Menurut Coordinator and support action for global RFID-related activities and standadisation menyatakan internet of things (IoT) sebagai sebuah infrastruktur koneksi jaringan global yang mengkoneksikan benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan teknologi komunikasi. Mitra dalam program Sekolah Binaan ini adalah SMKN 2 Kalianda Lampung Selatan. Tujuan dari kegiatan Pelatihan Internet of Things (Iot) bagi siswa SMKN 2 Kalianda untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan teknologi terkini.
PROGRAM LATIHAN KEBUGARAN JASMANI DALAM MENJAGA KESEHATAN DIMASA PANDEMI SMK KRIDAWISATA BANDAR LAMPUNG aditya Gumantan; Syaiful Ahdan; Adi Sucipto
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1363

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan program latihan dan melakukan budaya hidup sehat pada siswa SMK Kridawisatsa Bandar Lampung.Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan pelatihan bagi siswa-siswa aktif dalam extrakulikuler olahraga yang terdiri dari siswa aktif berjumlah 30 orang siswa. Untuk melihat tingkat kebugaran dalam setiap siswa dilakukan sebuh tes awal yang melibatkan keseluruhan siswa aktif pada ektrakulikuler olahraga. Setelah melakukan tes awal setiap siswa diberikan jadwal dan program latihan permasing-masing anak sehingga anak melakukan program latihan yang telh dibuat selama tiga bulan berikutkanya dengan kontrol oleh mentor dan pelatih yang disiapkan oleh tim pengabdian olahraga. Berdasarkan hasil tes awal memilki klasifikasi kebugaran dengan rata-rata sebesar 65 dan pada tes akhir dengan rata-rata sebesar 85 dengan begitu mendapatkan peningkatan kebugaran dan pengetahuan siswa terdadap kebugaran jasamni sehingga pengabdian ini dikategorikan program yang berjalan dengan baik dan efektif
Maksimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan dan Pengembangan Diri Generasi Z di MAN 1 Pesawaran Almira Devita Putri
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1180

Abstract

Pada era Internet of Things, membuat masyarakat tidak bisa lepas dengan internet dalam menjalankan aktivitasnya, khususnya Generasi Z yang diaggap sebagai iGeneration atau generasi internet atau generasi net. Generasi Z yang menjadi sampel dari pengabdian masyarakat ini adalah siswa/siswi MAN 1 Pesawaran sebanyak 35 siswa/siswi. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pemahaman kepada Generasi Z untuk dapat memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial untuk pengembangan diri dan mendapatkan pendapatan. Hasil dari kegiatan ini, siswa atau siswi telah mendapatkan peningkatan pemahaman mengenai pemanfaatan media sosial baik untuk pengembangan diri maupun peningkatan pendapatan.
PENGEMBANGAN DENAH SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN NILAI AKREDITASI PADA SMA TUNAS MEKAR INDONESIA Neneng Neneng; Fera Lestari; Ajeng Savitri Puspaningrum
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1369

Abstract

Akreditasi mensyaratkan adanya validasi kondisi sekolah yang sebenarnya sehingga memastikan bahwa sekolah yang akan diakreditasi telah sesuai dengan dan memenuhi persyaratan (compliance) minimal untuk memastikan bahwa sekolah yang bersangkutan telah memenuhi kelayakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Salah satu syarat yang dibutuhkan untuk proses akreditasi adalah sarana yang dimiliki sekolah termasuk denah sekolah. Namun, permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan akreditasi sekolah adalah saat penyusunan instrumen akreditasi. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang menjadi syarat akreditasi tidak dapat terpenuhi, seperti tidak tersedianya beberapa fasilitas yang diperlukan tetapi belum dimiliki. Denah sekolah merupakan salah satu fasilitas yang harus dipenuhi dan pada saat visitasi akreditasi selalu ditanyakan untuk memenuhi penilaian pada instrumen akreditasi sekolah. Dalam kegiatan PKM ini, dilakukan pembuatan denah sekolah pada SMA TMI untuk mendukung proses akreditasi.
PELATIHAN SPADA SEBAGAI OPTIMALISASI LMS PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 Ahmad Ari Aldino; Very Hendra; Dedi Darwis
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1330

Abstract

E-learning merupakan salah satu solusi agar proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 tetap berjalan. E-learning dapat memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Permasalahannya adalah tidak semua aplikasi yang digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ) memiliki standarisasi yang sama baik dari segi pengisian materi, penugasan dan penilaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan Learning Managemen System(LMS) untuk menstandarisasi baik dari segi materi, penugasan dan penilaian hasil belajar siswa, agar proses pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia berkerja sama dengan pihak Manajemen SMA Negeri 1 Metro Kibang menerapkan Leanring Mangemen Systerm (LMS) pada proses pembelajaran selama pandemi. Penerapan Learning Managemen System (LMS) tersebut di implementasikan dalam bentuk pelatihan SPADA untuk Kepala Sekolah dan semua pihak manajemen SMA NegeriN 1 Metro Kibang. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar Kepala Sekolah dapat memonitoring kegiatan pembelajaran dan guru dapat menerapkan Learning Managemen System (LMS)  pada proses pembelajaran selama pandemi. Pelatihan ini di ikuti oleh 28 guru SMA Negeri 1 Metro Kibang. Hasil dalam kegiatan ini yaitu 91.964 %guru SMA N 1 Metro Kibang dapat menerapkan Learning Managemen System(LMS) berupa penggunakan aplikasi SPADA pada proses pembelajaran, nilai tersebut diperoleh dari hasil pemberian angket setelah pelatihan. Selain itu penerapan Learning Managemen System(LMS)  berupa pemafaatan SPADA juga bermanfaat bagi Kepala Sekolah dalam memonitoring kinerja guru pada proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19
PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR DALAM MENGHASILKAN SISWA 4.0 Heni Sulistiani; Yuri Rahmanto; Ade Dwi Putra; Eko Bagus Fahrizqi; setiawansyah setiawansyah
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1385

Abstract

Schools are educational institutions that are formal, non-formal and informal, where their establishment is carried out by the state or private sector with the aim of providing teaching, managing and educating students through guidance provided by educators or teachers. utilizing information technology for learning systems during the Covid-19 pandemic is not yet available, only using Google Classroom at SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Not yet optimal knowledge of teachers and students in using information and communication technology in learning systems in the network. The ability of teachers to utilize e-learning-based learning systems is still not optimal. The ability of students to use e-learning-based learning systems is not yet optimal. the learning process before the Covid-19 pandemic still uses conventional methods, namely teachers are still conducting face-to-face learning with students, problems occur when the teacher is unable to attend, the class taught by the teacher will be empty, so students cannot get the desired learning material, this is clearly detrimental to students because the learning material will be explained late by the teacher. training on the use of this application, teachers in using information and communication technology in making learning media more interesting and better, and will facilitate the learning process for students
PELATIHAN PENERAPAN APLIKASI TES KEBUGARAN JASMANI PADA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMK PELITA PESAWARAN Muhammad Najib Dwi Satria; Imam Mahfud; Ade Surahman
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1364

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan  pada siswa ekstrakurikuler olahraga terkait dengan kebugaran jasmani, tes kebugaran jasmani, dan penguunaan aplikasi kebugaran jasmani. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Pelita Pesawaran sebagai mitra kegiatan. Proses monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan pada kegiatan ini dilaksanakan dengan tes awal dan tes akhir tentang pengetahuan siswa pada aspek kebugaran jasmani, tes kebugaran, dan penggunaan aplikasi tes kebugaran jasmani. Berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir yang dilaksanakan didapatkan hasil rata-rata hasil tes awal 71 dan hasil tes akhir 92.  Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat peningkatan pengetahuan siswa setelah dilaksanakan pelatihan penerapan aplikasi tes kebugaran jasmani.
PENGENALAN LITERASI KEUANGAN DAN PERSONAL BRANDING DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI Z DI SMK PGRI 1 KEDONDONG Dhiona Ayu Nani; Larasati Ahluwalia; Dian Novita
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1313

Abstract

Research conducted by Kredivo and Katadata in 2020, generation Z and Millennials contributed 85% of total transactions. Furthermore, the government is currently focusing on recovering the national economy, which has fallen due to the ongoing Covid-19 pandemic. Generation Z, which is expected to become a demographic bonus for the workforce in the next few years, should be equipped with financial literacy and personal branding in order to survive and compete with the environment. This Community Service is carried out with the aim of providing an understanding of financial literacy and personal branding. As previously discussed, Generation Z needs to be equipped with financial literacy so that later they can be financially independent. In addition, students can develop themselves through personal branding that utilizes digital business platforms.Keywords: Generation Z, Millennials, National Economy, Financial Literacy, Personal Branding
PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE SMA NEGERI 1 SEMAKA TANGGAMUS Arief Budiman; Suprayogi Suprayogi; Budi Eko Pranoto
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1374

Abstract

Pengabdian ini ditujukan untuk membantu SMA Negeri 1 Semaka Tanggamus dalam menyediakan informasi secara lebih luas dan mudah. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan menyediakan media informasi digital berbentuk website sekolah. Dengan adanya kondisi pandemi saat ini, dibutuhkan penyebaran informasi yang mudah untuk diakses darimanapun tanpa harus mendatangi lokasi sekolah secara langsung. Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan secara institusional dan partisipatif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, didapatkan bahwa infrastruktur sekolah belum memadai untuk membuat media digital secara mandiri. Namun sarana internet sudah dimiliki oleh pihak sekolah. Kegiatan ini memberikan solusi dengan menyediakan website pada pihak ketiga, dan dilakukan pendampingan dan pelatihan kepada operator sekolah dalam mengelola informasi pada website sekolah yang telah dibuat. Sehingga hasil dari kegiatan ini memberikan solusi dalam penyediaan informasi digital bagi pihak sekolah bagi masyarakat umum secara lebih luas
PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEDITAN WEB-BLOG BAGI PARA GURU DAN STAFF MA MATHLA’UL ANWAR, BANDAR LAMPUNG farli rossi; arniza fitri; Emi Suwarni; Tri Darma Rosmalasari; Rizky Setiawan; Rendy Pratama
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jsstcs.v2i2.1337

Abstract

Pada masa pandemic COVID-19, MA Mathla’ul Anwar, Labuhan Ratu, Bandar Lampung mendapat kesulitan dalam mempromosikan sekolah mereka kepada masyarakat luas. Selama pandemic berlangsung, para guru dan staff tidak lagi dapat mempublikasikan sekolahnya secara offline, namun rendahnya kemampuan para guru dan staff MA Mathla’ul Anwar dalam hal IPTEK mengakibatkan sulitnya mereka dalam mempublikasikan sekolahnya secara online. Web-blog merupakan salah satu alternative terbaik yang dapat digunakan oleh seseorang atau sebuah organisasi untuk menginformasikan aktifitas-aktfitas mereka secara online. Pada kegiatan PKM kali ini, pelatihan pembuatan dan pengeditan web-blog dengan menggunakan applikasi wordpress telah dilaksanakan secara tatap muka di salah satu labor komputer di Universitas Teknokrat Indonesia (dengan mengikuti protokol Kesehatan). Setelah mengikuti pelatihan, para guru-guru MA Mathla’ul Anwar Labuhan Ratu didapati mampu membuat web-blog secara mandiri dengan persentase kebolehan sebesar 70-80%. Para guru dan staff MA Mathla’ul Anwar setuju bahwa web-blog dapat membantu mereka dalam menpublikasikan sekolah mereka kepada khalayak banyak.

Page 1 of 2 | Total Record : 20